RAUDAH

RAUDAH

Raudah yang dimaksud disini adalah nama lokasi yang ada dalam Masjid Nabawi, yaitu antara Makam Rasul dan Mimbar, luasnya kurang lebih 144 M2 yang sekarang ditandai dengan pilar-pilar berwarna putih dengan ornament yang khas sedangkan lantainya dilapisi permadani wool yang sangat cantik dan unik. Raudah juga disebut “Taman Surga” berdasarkan pada hadis Nabi SAW yang berbunyi:

“Diantara rumahku dan mimbarku adalah sebagian taman surga” (Muttafaq ‘Allaih)

Pengertian raudah sebagai ‘taman surga’ pada hadis di atas terdapat beberapa pendapat para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1.Bahwa Allah SWT menurunkan rahmatNya dan sebagai kebahagiaan di tempat itu, karena di tempat itu dilakukan zikir   dan pemujaan kepada Allah, yang karenanya tentu saja dijanjikan surga.
2.Tempat itu kelak setelah kiamat benar-benar akan dipisahkan oleh Allah ke surga, sehingga ia menjadi bagian dari taman   surga yang hakiki.
3.Orang-orang yang pernah berdo’a di Raudah akan melihatnya di Surga.

LUAS RAUDAH.
Sesuai dengan hadis Nabi yang menyatakan bahwa letak Raudah adalah di antara rumah dan mimbar makam beliau, maka luas raudah itu berdiameter sekitar 22 meter x 15 meter, yakni jarak antara rumah Nabi dan Mimbarnya kurang lebih 22 meter dan panjang belakang kurang lebih 15 meter.

MUSTAJAB DO’A
Raudah adalah salah satu tempat yang makbul untuk berdoa, karenanya selau dipadati oleh jama’ah. Kalau ingin solat subuh di Raudah, kita harus bangun dan berangkat ke Masjid jam 3.00 pagi. Tempat itu menjadi rebutan diantara jama’ah pria. Jama’ah wanita tidak dapat bersembahyang wajib disini karena seluruh saf diisi jema’ah pria. Jama’ah wanita diberi kesempatan untuk sholat sunat pada “jam duha”, dari pagi sampai menjelang waktu Zuhur.

SHALAT DI RAUDAH
Jama’ah pria yang ingin shalat disana cobalah datang pada tengah hari sekitar jam 11 siang, ketika Raudah diblokir untuk diisi jama’ah wanita, nah, waktu jama’ah wanita kembali ke safnya tanda waktu zuhur akan tiba itulah saf raudah dikembalikan kepada pria.

Pada saat itu “sekat” dilepas, jama’ah pria berhamburan menuju tempat itu. Shalat sunat di raudah dapat dilakukan kapan saja. Tetapi banyak jama’ah pria mengincar waktu pada saat sekat-sekat tersebur terlepas.

TIANG-TIANG RAUDAH
Seperti terlihat pada keterang gambar bahwa di Raudah terdapat beberapa tiang (usthuwaanah) yang penting. Berikut ini dijelaskan tentang tiang-tiang tersebut.
1. Tiang Siti Aisyah. Tiang ini yang disebut usthuwaanah Aisyah terletak ditengah Raudah, yakni tiang yang ketiga dari mimbar    dan dinding makam Rasulullah. Di tengah tiang ini terdapat tulisan dalam bahasa arab: Usthuwaanah Aisyah.
2. Tiang Taubah. Disebut juga dengan usthuwaanah Attaubah. Tiang Attaubah ini terletak diantara tiang Aisyah dan tiang    As-sarir (dinding makam Rasulullah). Tiang ini terkenal juga dengan nama Tiang Abu Lubabah (usthuwaanah Abu Lubabah)
3. Tiang As-sarir (usthuwaanah As-sarir) kata As-sarir artinya ‘tempat tidur’. Tiang Assarir letaknya disebelah timur    (disamping) tiang Attabah, memempel dengan dinding makam Rasulullah SAW.
4. Tiang Al-haras (usthuwaanah Al-Haras). Tiang ini terletak menempel pada dinding makam Rasulullah SAW sebelah utara dari    tiang as-sarir. Tiang ini bersejarah karena disitulah para sahabat mengawal nabi Muhammad SAW dan menjadika ntempat itu    sebagai pos keamanan untuk menjagi keselamatan dan keamanan rasulullah hingga datang jaminan keamanan dari Allah untuk    Rasulullah SAW m elalui firmannya,“Allah memelihara engkau dari gangguan manusia” (surat Al-Maa’idah Ayat 67)
5. Tiang Al-Wufud (usthuwaanah al-wufud). Tiang ini terletak paling utara dari tiang Assarir dan       tiang Al-haras.    Letaknya menenpel dengan dinding makam Rasulullah SAW. Tiang Al-Wufud ini asalnya adalah tempat Rasulullah SAW menerima    tamu pentingnya, baik petinggi-petinggi Arab maupun orang-orang mulia dan terkemuka dari para sahabat.

Semua tiang-tiang bersejarah itu hingga kini masih tetap dipelihara dan ada di tempatnya. Setiap jama’ah yang mengunjungi Masjid Nabawi dapat menyaksikannya

Sementara itu untuk melihat video Raudah You di Tube bisa di klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s