Jeddah

Jeddah – Pengantin Laut Merah

Foto pemandangan Laut Merah dilihat dari kota Jeddah.

Kota Jeddah adalah kota dimana banyak terdapat pusat-pusat industri untuk negeri Arab Saudi. Ketika kita melewati kota ini dengan menumpangi bus, terlihat dalam pandangan kita banyak dijumpai gedung-gedung perkantoran yang sangat modern dan lalu lintas jalan rayanya tergolong padat. Kata orang-orang Arab, kota Jeddah sering dipanggil dengan sebutan “pengantinnya Laut Merah”… hehehe… artinya mungkin pasangan yang setia kali ya?! Memang benar kota Jeddah berada di tepi Laut Merah di mana lokasi ini sangat strategis untuk jalur perdagangan dari benua Eropa dan Afrika menuju semenanjung Arab. Sehingga lalu lintas perdagangan cukup ramai di sini. Akibatnya dapat kita tebak… tempat ini adalah surga belanja produk-produk impor bermerek. Hal ini ditunjang dengan berdirinya beberapa pusat perbelanjaan di kota Jeddah yang bebas pajak, salah satu contohnya kawasan Ballad dan Corniche. Tentunya bagi yang suka memberi oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga di kampung, tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan Riyal (mata uang Arab Saudi) maka tidak salah timbul lelucon khas untuk beberapa jamaah haji Indonesia yang senang berbelanja, yaitu setelah melaksanakan ibadah melempar jumroh di Ula, Wusto dan Aqobah di Mina maka ada kegiatan tambahan lagi buat mereka yaitu, melempar uang Riyal di Ballad, Corniche dan pasar seng (kota Mekkah)… Walaupun kita akan membeli oleh-oleh tetapi jangan sampai tergoda nafsu secara berlebihan… setidaknya oleh-oleh tersebut dapat memicu motivasi yang positif dalam meningkatkan semangat beribadah di tanah suci… oleh karena itu sejak awal marilah niat ibadah selalu diluruskan agar diridhoi oleh Allah SWT….

Foto Masjid Terapung menjelang maghrib

Di kota Jeddah ada sebuah masjid yang menjadi tempat favorit dikunjungi jamaah asal Indonesia sekaligus dari negeri tetangga Malaysia, yakni Mesjid Terapung. Meskipun dalam sejarah perkembangan Islam, masjid ini tidak memberikan arti sejarah apapun. Namun karena lokasinya yang berada di pinggir pantai menyebabkan masjid terlihat seperti terapung di atas permukaan air laut, sehingga menjadi objek yang menarik untuk disinggahi. Konon katanya masjid terapung ini merupakan tanah wakaf seorang janda kaya raya penduduk di sekitar situ. Setelah kematian almarhum suaminya, dia mewakafkan kekayaannya untuk membangun masjid ini. Keindahan masjid terlihat dapat dirasakan dengan  duduk di sekitar taman yang menjorok ke laut… Hmmm… sepertinya kalau kita mendengar cerita ini mirip dengan asal muasal dibangunnya Taj Mahal di India, salah satu keajaiban dunia… atauuu pun… masjid At-Tiin di Taman Mini Indonesia Indah… hehehe… pasti tahu dehhh…  kayaknya sih demi cinta, orang rela melakukan segalanya… dengan membuat sebuah monumen sebagai tempat untuk mengenang seseorang yang kita rindukan… Padahal kalau kita ketahui, baginda Rasulullah SAW yang sangat kita rindukan saja, melarang para sahabat beliau untuk membuat sebuah makam atau monumen untuk beliau apabila telah tiada di dunia ini kecuali tempat tersebut bertujuan untuk mengingatkan umat Islam akan kematiannya nanti dan tidak lebih daripada itu… Jadi sebenarnya tempat yang dinamakan Raudah di dalam masjid Nabawi yang dipercaya oleh beberapa orang sebagai makam Nabi Muhammad sebenarnya dahulu kala tidak lebih dari rumah kediaman Rasulullah SAW… Jadi kita umat Islam harus senantiasa diingatkan untuk menghindari perbuatan syirik kepada Allah…

Di masjid terapung ini pemandangan di waktu sore menjelang malam hari sangat mengagumkan sekali, di mana matahari akan terbenam di antara langit dan Laut Merah yang dibatasi oleh sebuah horizon… sangat bersih langitnya… Allahhuakbar!!!

(Ruangan Sholat Masjid Terapung)

(Cemilan khas Arab, Kebab)

Di Jeddah sambil beristirahat kita bisa membeli dan menikmati makanan khas Arab yaitu, Kebab isi daging sapi… ada juga tersedia daging kambing seperti gambar diatas.

Sumber : http://siapaindra.wordpress.com/2008/05/11/jeddah-pengantin-laut-merah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s